3 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Kekinian

Bisnis

Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga – Menjadi ibu rumah tangga yang seharian di rumah terus memang terkadang teramat membosankan. Meskipun ada selingan pekerjaan yang bermacam-macam, tapi tetap saja bisa menumbuhkan kejenuhan.

Hari ini banyak ibu-ibu rumah tangga yang mencoba peruntungan dengan memulai berbisnis dalam skala kecil. Ada yang memulai bisnis katering dan ada pula yang membuka frandchise minuman di depan rumah.

Hasilnya tidak seberapa sih, tapi lumayan untuk membunuh kebosanan saat di rumah terus.

Biar beda, berikut ini tiga ide bisnis sampingan kekinian nan kreatif yang bisa dicoba ibu-ibu ketika di rumah.

Yuk langsung aja baca uraiannya di bawah ini.

bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga

1.      Jasa Menjahit Produk Kreatif

Menjahit baju sepertinya sudah menjadi hal yang mainstream ya….

Bagaimana kalau ibu-ibu mencoba menawarkan hal lain seperti menjahit tas dari celana jeans bekas?

Atau bisa juga memanfaatkan kain perca untuk membuat keset dengan motif menarik.

Bagimana kalau kainnya dipilih yang warna kalem dengan motif bunga-bunga?

Hmm pasti menarik hasil produknya….

Beberapa hal diatas hanya contoh kecil dari ide menjahit produk kreatif.

Ibu-ibu bisa menggali ide-ide lain dengan bantuan platform online yang berisi tutorial membuat produk kreatif.

Jika berhasil membuat produk dengan kualitas baik, maka produk tersebut layak diberi label dan dijual.

Jangan lupa, harga produk kreatif dipasaran lumayan mahal lho dan pasarnya pun terbuka lebar.

Jadi tunggu apa lagi?!

2.      Menjadi Youtuber Masak

Menjadi seorang influencer di bidang yang dikuasai tentunya sangat menantang ya..

Berhubung sudah banyak yang berbisnis jualan kue atau membuka katering, tidak ada salahnya nih mencoba peluang lain.

Yup, ibu-ibu bisa menjadi seorang influencer khusus masak-memasak!

Ibu-ibu bisa membagikan aneka resep masakan maupun kue-kue dengan teknnik pembuatan yang simple.

Agar lebih menarik, bisa ditambahkan informasi tentang gizi, tips memasak, tips menjaga kebersihan dapur dan lain-lain.

Tapi, bukankah hal itu sudah banyak dilakukan ibu-ibu di sosial media?

Hmm, memang sih hal itu sudah banyak dilakukan oleh ibu-ibu lainnya.

Namun, dengan menonjolkan ciri khas tertentu yang menarik untuk disimak, tentunya akan bisa mengambil hati para netizen.

Lagipula, konten tutorial memasak bersifat timeless alias awet dan tidak mudah kadaluarsa. Dan pastinya banyak dibutuhkan oleh orang.

Jadi, apakah ibu-ibu semua siap mencobanya?

3.      Bertanam sayur hidroponik

Siapa nih yang berpikir kalau menanam sayuran hanya bisa dilakukan di rumah dengan pekarangan luas??

Di masa-masa sekarang, pendapat itu terbantahkan lho dengan adanya teknik bercocok tanam hidroponik.

Teknik bertanam yang satu ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Bertanam hidroponik dapat dilakukan dilahan-lahan sempit seperti loteng atas, samping rumah maupun tembok rumah bagian luar.

Nggak percaya kan?! Tapi itu memang kenyataan yang sangat menggembirakan khususnya buat ibu-ibu yang tinggal di perkotaan.

Nah, apalagi keunggulan dari bercocok tanam secara hidroponik ini?

Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, bertanam secara hidroponik juga hanya membutuhkan media tanam yang simple yakni pipa paralon dengan sabut kelapa maupun pecahan genteng.

Pipa paralon dapat dilubangi dengan jarak yang sama untuk menjadi tempat tumbuh dari tanaman. Kemudian, pipa paralon disusun secara bertingkat mirip anak tangga untuk memaksimalakan hasil tanam.

Agar bisa tumbuh, pipa paralon tadi perlu diisi dengan tanah. Namun kalau tidak memiliki tanah bisa diganti dengan sabut kelapa, serbuk kayu hingga pecahan genteng.

Lalu, apa saja yang bisa ditanam melalui teknik bertanam hidroponik?

Khusus untuk ibu-ibu, pipa hidroponik dapat ditanami sayuran seperti selada, bayam, sawi maupun tomat.

Hasil dari panenan tersebut sangat boleh untuk dijual sebagai bahan pangan organik.

Di masa sekarang, semua yang berlabel organik sangat diminati oleh masyarakat lho.

Nah, siap mencobanya kan dirumah??

Selain ide bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga, kamu juga bisa membaca 10 Alasan Mengapa Kamu Musti Punya Bisnis Sampingan

3 Hal yang Musti Dimiliki Saat Muli Bisnis Sampingan Tanpa Modal

Bisnis

Bisnis Sampingan Tanpa Modal – Di dunia ini apa sih yang disebut dengan modal?

Modal kerap kali dihubungkan dengan kepemilikan uang ataupun benda-benda yang bisa diuangkan.

Biasanya, orang-orang yang ingin memulai sebuah bisnis harus memiliki modal berupa uang.

Kalau bisa yang banyak, agar bisnis tersebut terjamin keberlangsungannya.

Tapi tahukah kamu kalau ada orang yang berhasil memulai bisnis dengan tanpa modal?

Enggak percaya?!

Wajar saja itu terjadi, karena selama ini sebagian besar orang memiliki mindset bahwa memulai bisnis harus dengan modal uang.

Namun belakangan ini, mindset itu terpecahkan.

Ada beberapa kelompok orang yang mengaku berhasil membangun sebuah bisnis sampingan tanpa modal.

Usaha mereka terbantu dengan kecanggihan teknologi yang berhasil dikembangkan di era ini. Kira-kira bantuan apa lagi ya yang bisa membuat mereka bisa berbisnis tanpa modal?

Ini dia 3 hal yang musti kamu miliki saat hendak memulai bisnis sampingan tanpa modal.

Cuss, simak pemaparannya berikut ini!

bisnis sampingan tanpa modal

1.      Bisnis sampingan tanpa modal bisa dimulai dengan menggali minat dan bakat

Siapa bilang menggali minat hanya untuk anak-anak di bangku sekolah?!

Para calon pengusaha pun musti mengetahui minat serta bakat apa yang mereka sukai.

Hal ini penting, agar dapat membantu bisnis semakin berkembang kedepannya.

Rasa suka memang bisa mengalahkan kendala kendala apapun!

Mengetahui minat sama dengan memilih bisnis apa yang cocok untuk calon pengusaha.

Karena ketika bisnis tersebut cocok, usaha akan dapat bertahan di tengah badai ekosistem perdagangan yang senantiasa menerpa.

Bisnis yang didasarkan minat para calon pengusaha dianggap lebih cepat berkembang, karena si pemilik tentunya sudah memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang produk yang hendak dia jual.

Nah, kamu yang ingin memiliki bisnis sampingan tanpa modal uang, telitilah dahulu apa minatmu. Tentunya hal itu akan mengarahkanmu pada produk-produk yang sesuai.

Cara mengetahui minat serta bakatmu sangat mudah, yakni dengan mencari hal-hal yang paling gampang untuk kamu kerjakan. Lalu, bisa juga dengan mengambil tes minat bakat di website psikologi yang banyak beredar di internet, tentunya yang gratis ya…

2.      Memperluas jejaring

Apa hubungannya jejaring dengan bisnis sampingan tanpa modal?

Hubungannya dekat sekali, seperti kerikil dan pasir hehe…

Jejaring yang dibangun oleh calon pengusaha, akan memberikan manfaat besar bagi bisnisnya.

Bahkan keberadaan mereka sama saja dengan modal bagi para pebisnis pemula. Nah lho!

Alasannya simple. Pertama, mereka akan menjadi pasar paling potensial. Kedua, mereka bisa menjadi partner berbisnis yang handal. Dan tarakhir, mereka juga akan memberikan review yang lebih jujur pada produkmu.

Gimana? Penting sekali kan membangun jejaring sebelum memulai berbisnis?!

3.      Kuasai teknik pemasaran

Teknik pemasaran adalah salah satu bagian dari tahapan memulai bisnis sampingan tanpa modal.

Ini adalah tahapan paling penting lho!

Apalagi untuk kamu yang berniat menjadi reseller atau dropshipper melalui media online.

Aneka teknik pemasaran via online musti kamu kuasai.

Pengetahuan tentang konsumen yang tepat, cara menambah pengunjung, cara menarik pembeli adalah beberapa pengetahuan tentang dasar-dasar teknik marketing online.

Dimana kamu bisa mengetahui itu semua?

Dimana lagi kalau bukan di internet.

Dewasa ini, sangat banyak blog-blog yang membahas tentang teknik marketing online. Bahkan kamu juga bisa mengetahui tools-tools pendukungnya.

Selain itu, kamu bisa mengikuti seminar gratis yang diselenggarakan melalui media daring.

Nah, kurang apa lagi coba?

Ternyata modal dari berbisnis sampingan tidak melulu tentang uang ya…..

Baca juga 10 Alasan Mengapa Kamu Musti Punya Bisnis Sampingan

10 Alasan Mengapa Kamu Musti Punya Bisnis Sampingan

Bisnis

Bisnis sampingan menjadi suatu hal yang populer akhir-akhir ini.

Anak-anak muda milenial lebih bisa menerima gaya bisnis semacam ini daripada generasi sebelumnya. Biasanya mereka memulai sebuah bisnis sampingan tanpa melepas pekerjaan utama.

bisnis sampingan
ilustrasi bisnis sampingan

Anak-anak muda memulai bisnis sampingan untuk beberapa alasan. Salah satunya adalah pendapatan dari pekerjaan utama yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bergaya. Hingga mereka memilih untuk mengambil bisnis sampingan agar mendapat uang tambahan.

Biaya hidup yang tinggi ditengah perkotaan, juga menuntut mereka untuk bisa bertahan semaksimal mungkin. Kalau bisa sih, dari pendapatan yang pas-pasan tersebut masih ada uang untuk membeli jajan. Eits, nggak hanya uang jajan saja, tapi juga uang untuk liburan akhir tahun.

Nah, untuk bisa membiayai semua kebutuhan itu, memulai bisnis sampingan adalah solusi yang tepat. Meskipun ada hal yang harus dikorbankan untuk hasil tambahan ini, yakni waktu istirahat yang semakin berkurang. Tapi tidak jadi soal lah ya, waktu istirahatnya diganti liburan panjang di akhir tahun nanti.

Anak-anak muda ini banyak merintis bisnis sampingan dengan tanpa modal atau dengan modal yang kecil.

Pilihan bisnisnya pun beragam, mulai dari kaos sablon unik, aneka kado, buku hingga aksesoris lucu.

Sistem bisnisnya pun beraneka ragam, ada yang jadi reseller, ada yang jadi dropshipper, dan ada pula yang memproduksi barang sendiri dalam skala kecil.

Adanya platform bisnis online yang semakin ramai akhir-akhir ini turut memudahkan langkah mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Selain itu, media sosial juga telah menjelma menjadi media promosi efektif tanpa harus keluar biaya mahal.

Hal ini tentunya mengubah mindset kebanyakan orang bahwa memulai bisnis harus memiliki banyak modal terlebih dahulu.

Nah, sebenarnya apa aja sih alasan pentingnya memulai bisnis sampingan di usia muda?

Ini dia beberapa poin yang barangkali bisa menginspirasimu untuk memulai bisnis sampingan:

1.      Menambah Pemasukan

Ingin menambah pemasukan adalah alasan utama yang menjadikan seseorang memulai bisnis sampingan, meskipun biasanya pendapatan dari bisnis sampingan tidak lebih besar daripada pekerjaan utama.

Adanya tambahan pemasukan bisa menjadi mood booster tersendiri.

Saat pendapatan utama habis hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pendapatan tambahan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti hiburan, makanan istimewa hingga kesempatan untuk menabung.

Adanya pendaptan tambahan tentunya dapat menghindarkan seseorang dari berhutang.

2.      Memperluas jaringan

Bisnis sampingan membuat kamu terkoneksi dengan banyak orang baru di luaran sana.

Sejenak kamu akan merefresh lingkaran pertemananmu dan bertemu dengan orang-orang baru. Tentunya momen ini akan memberikan banyak pelajaran tentang bagaimana cara menjalin hubungan dengan para klien atau rekanan bisnis.

Jaringan bisnis yang luas bisa membuatmu tidak gampang menonjolkan emosi ketika berhubungan dengan orang-orang baru. Kalau bahasa gaulnya sih, kamu nggak akan mudah baper. Hal ini sangat baik untuk membuat kepribadianmu semakin matang.

Di dalam jaringan bisnis yang baru, kamu juga bisa menemukan peluang-peluang pekerjaan yang lebih kece. Bahkan bukan tidak mungkin bisnismu menjadi semakin berkembang dengan kerjasama diantara mereka.

Nah gimana? Sudah siap apa belum memulai bisnis sampingan?

3.      Menambah pengalaman

Pengalaman baru tidak serta merta datang pada orang-orang yang hanya duduk diam menunggu. Dengan memulai bisnis sampingan, maka kamu sudah memulai sebuah pengalaman baru.

Pengalaman memulai bisnis sampingan akan sangat berbeda dengan bekerja di dalam sebuah perusahaan.

Pada bisnis sampingan kamu akan belajar secara lebih mandiri, sehingga pengalamanmu akan berkembang seiring waktu

Bisnis sampingan bisa dimulai dari banyak hal. Bisa dari hal yang paling kamu sukai atau hendak mencoba hal baru. Keduanya memiliki tantangan masing-masing yang akan mengujimu pada bagian tertentu dalam bisnis.

Tentu kamu bisa memilih sesuka hati, tanpa harus meninggalkan prinsip bahwa memulai bisnis sampingan juga harus memiliki pengetahuan dasar yang cukup.

4.      Bisa belajar hal baru

Belajar hal baru adalah hal yang otomatis kamu dapatkan ketika memulai bisnis sampingan.

Apalagi bila bisnis sampingan yang kamu jalani berbeda dari pekerjaan utamamu selama ini.

Enaknya lagi, proses belajar yang kamu jalani dalam merintis bisnis sampingan tidak akan diiterupsi atau direcoki para atasan. Jadi kamu lebih bebas dan rileks dalam belajar hal baru.

Namun di sisi lain, kamu tidak boleh lupa bahwa proses belajar tersebut mungkin akan menemui kegagalan. Pada saat itu tiba, kamu tidak boleh putus asa dan harus tetap mencoba.

Hal inilah yang akan membuatmu semakin mantap dalam menjalani bisnis sampingan.

5.      Waktu luangmu tidak terbuang sia-sia

Namanya ya bisnis sampingan, pasti dilakukan di waktu luang. Itupun kalau ada waktu luang, kalau nggak ada yaudahlah ya….

Untuk kamu yang pekerjaan utamanya nggak menyita waktu panjang alias kurang dari delapan jam kerja, kamu wajib mencoba bisnis sampingan.

Alasannya simple, agar waktu luangmu tidak terbuang sia-sia. Dan lagi, kamu juga akan mendapat tambahan pendapatan yang lumayan untuk ongkos jajan.

Waktu senggang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan bisnis sampingan. Kriteria bisnisnya tentu saja yang bisa dilakukan di waktu minimal kamu ketika istirahat.

Bisa saja sih menggunakan waktu istirahat untuk memaksimalkan kerja sampingan, tapi jangan lupa bahwa tubuh juga butuh istirahat.

Jangan sampai penghasilanmu dari bisnis sampingan terbayarkan di klinik kesehatan karena kamu terlalu capek mengurusinya.

Ingat, kesehatan adalah hal utama yang musti kamu perhatikan.

6.      Mencari suasana kerja yang baru

Apabila kamu bosen bekerja yang itu-itu saja tapi belum berani untuk mengambil langkah keluar dari pekerjaan, maka kamu harus mencoba bisnis sampingan.

Bisnis sampingan adalah langkah awal untuk mencari suasana kerja baru yang tentunya lebih sehat. Konsentrasimu akan teralihkan dari segala drama di pekerjaan yang kamu jalani saat ini.

Kamu bisa menemukan atau bahkan menciptakan iklim bisnis yang sesuai dengan passionmu. Hal ini akan membuat pekerjaanmu semakin produktif dan profesional.

Suasana kerja yang baru juga bisa membuatmu menemukan bakat terpendam. Siapa tahu bakat tersebut memiliki potensi besar untuk terus diasah.

7.      Adanya teknologi pemasaran yang canggih

Teknologi memang sedang tumbuh pesat. Kemajuannya ternyata juga menyentuh aspek perdagangan.

Munculnya e-commerce menjadi pasar digital yang sangat mudah diakses oleh banyak orang. Ingin membeli sesuatu tak perlu lagi pergi ke luar rumah, cukup buka handphone dan tinggal klik barang yang diinginkan.

Kemudahan pembayaran juga menjadi keunggulan tersendiri. Apalagi sekarang ada banyak layanan yang menyediakan uang digital.

Nah, hal-hal diatas telah menjadi penarik tersendiri bagi para anak muda untuk turut membuka toko online sebagai salah satu pilihan bisnis sampingan.

Mereka tidak perlu lagi susah-susah harus memiliki toko terlebih dahulu untuk bisa berjualan. Cukup mendaftar melalui aplikasi dan upload daftar produk beserta harga. Semudah itu untuk berjualan via e-commerce.

8.      Membuatmu lebih bahagia

Kejenuhan bekerja dapat meningkatkan depresi pada kehidupan.

Selain itu, hasil pekerjaan yang tidak pernah diapresiasi, gaji yang kurang, hingga teguran dari atasan yang kelewat batas bisa membuat sesorang merasa tidak bahagia dalam bekerja.

Padahal, dalam bekerja membutuhkan semangat serta kebahagiaan, agar hasilnya maksimal dan tetap produktif.

Untuk tetap bisa bahagia dan tidak mudah kecewa, memulai bisnis sampingan bisa jadi solusinya. Syaratnya adalah memulai dari hal-hal yang kamu sukai.

Modal rasa suka dari sebuah pekerjaan baru bisa membuat moodmu semakin membaik dan membuat dirimu lebih bahagia.

9.      Membuatmu lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa memulai bisnis sampingan baik secara mandiri maupun bersama rekanan dapat menjadi alasan untukmu lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan.

Kamu akan ditantang bagaimana menyelesaikan persoalan secara mandiri. Selain itu, kamu juga akan belajar lebih bertanggungjawab pada suatu proyek.

Pengalaman-pengalaman tersebut dapat menempamu menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan.

10.  Membuatmu tidak mudah kecewa dengan atasan

Kecewa kepada atasan adalah hal yang sangat lumrah dalam suatu pekerjaan.

Terkadang saran kita tidak didengar. Begitu pula ketika kita dibebani pekerjaan yang amat sangat memberatkan. Cepat atau lambat kekecewaan itu akan datang juga.

Sementara itu, kamu harus tetap bekerja secara profesional, terlepas dari berbagai tekanan tadi.

Nah, bagaimana sih cara agar kamu bisa meminimalisir rasa kecewa terhadap alasan? Salah satunya adalah dengan cara memulai sebuah bisnis sampingan.

Yup, memulai bisnis sampingan selain mendatangkan kebahagiaan tersendiri juga bisa menghentikan rasa kecewa terhadap atasan.

Lhoh kok bisa? Apa hubungannya atasan dengan bisnis sampingan?

Jadi, jika rasa kecewa terhadap atasan adalah suatu hal yang lumrah terjadi di setiap pekerjaan, maka kamu harus bisa mengeremnya. Dengan memiliki bisnis sampingan, kamu akan menemukan pengalihan rasa kecewa.

Tentunya kamu bisa menerima dengan lebih ikhlas atas berbagai persoalan dalam pekerjaan. Karena kamu juga akan mengalami perjuangan yang agak berat diawal merintis bisnis sampingan.

Oke, setelah mengetahui alasan-alasan yang penting dari pertanyaan mengapa kamu harus memiliki bisnis sampingan, selanjutnya kamu bisa memilih bisnis apa yang paling cocok untuk dimulai.

Ini dia beberapa pilihan bisnis sampingan yang rekomended:

·         Jual Pulsa

Siapa sih yang nggak butuh pulsa? Rasanya semua orang yang memiliki handphone yang membutuhkan pulsa.

Ini bisa jadi peluang yang besar untuk berbisnis.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, sehingga tetap aman untuk kantong.

Keuntungan dari menjual pulsa memang tidak terlalu banyak.

Namun, kamu bisa menjalani bisnis sampingan ini sepanjang waktu. Dari segi pemasarannya pun lebih simple. Kamu tinggal menawarkannya pada teman-temanmu, dan secara otomatis mereka akan mencarimu ketika membutuhkan pulsa.

Meskipun keuntungan per-penjualan tidak terlalu besar, kamu tetap bisa meraup untung yang lumayan besar. Semakin banyak kamu menjual pulsa, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

·         Membuka Laundry

Jasa laundry banyak dibutuhkan oleh orang-orang di kota besar. Tren tersebut mengikuti arus pekerja kantoran yang memiliki kesibukan sangat padat.

Selain itu, di daerah dekat dengan kampus juga bisa menjadi pasar yang menjanjikan untuk usaha laudry. Banyak kalangan mahasiswa membutuhkan jasa ini disamping kesibukan belajarnya yang menyita waktu.

Kamu bisa mencoba peluang bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar.

Satu mesin cuci cukup untuk bisnis sampingan kecil. Kamu juga bisa menawarkan jasa menyetrika kepada para pelanggan.

Oh iya, kamu dapat mendirikan bisnis sampingan ini dengan beberapa orang. Namun tentunya modal yang dibutuhkan juga semakin besar.

Dari segi persaingan, bisnis laundry memiliki banyak pesaing. Tapi, bila kamu mematok harga yang pas dengan hasil memuaskan pelanggan, kemungkinan besar bisnismu cepat berkembang. Sebab, pelanggan akan datang kembali ketika menemukan pelayanan tepat dengan harga yang pas.

·         Membuka jasa desain grafis

Penyedia jasa desain grafis seringkali disebut sebagai freelancer.

Biasanya mereka menawarkan pembuatan logo, konten penjualan untuk sosial media maupun desain untuk produk.

Jasa desain grafis biasanya ditawarkan melalui website-website andalan para freelancer.

Caranya mudah, kamu tinggal memasang hasil portofolio dalam sebuah forum tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online.

Bila portofolimu bagus dan banyak yang minat memakai jasamu, maka kamu musti disiplin dan profesional ketika mengerjakannya.

Sebab, review dari para pelanggan sangat penting untuk proyek-proyek freelance selanjutnya.

Oh iya, bisnis sampingan yang satu ini bisa kamu kerjakan di waktu senggang ketika sudah pulang dari kantor.

·         Membuka les privat

Memberi les privat banyak dilakukan oleh para mahasiswa yang tinggal di kota-kota besar. Biasanya mata pelajaran yang ditawarkan bersifat eksak, seperti matematika, fisika maupun kimia. Namun kalau kamu tidak terlalu menguasai materi eksak, kamu bisa mencoba untuk mengajar Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Terobosan terbaru dari les privat ini adalah adanya kursus bahasa Inggris online. Kursus tersebut khusus untuk para pelajar yang lebih suka belajar mandiri tanpa ditemani tutor tetapi tetap menerima tambahan materi belajar.

Dari segi pendapatan, para pengajar les privat seringkali dibayar dengan harga relatif tinggi. Patokan harganya dihitung untuk sekali pertemuan. Jadi semakin banyak kamu mengajar les privat, maka semakin banyak pula pendapatan yang kamu terima.

Untuk waktu pelaksanaannya seringkali dilakukan di luar jam sekolah, seperti sore atau malam hari.

Apabila kamu berminat, kamu bisa meluangkan waktumu di jam-jam tersebut.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan materi les privat sebaik mungkin dan ikuti jadwal belajar secara profesional.

·         Menjadi Blogger atau Youtuber

Dua profesi ini memang sedang ngetren di kalangan anak muda. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan memegang handphone sepanjang hari untuk mengakses beragam informasi.

Kondisi tersebut membuat para anak muda berlomba-lomba untuk mengambil bagian dari penyedia konten dunia digital.

Menjadi bloggeridentik dengan menulis, sedangkan menjadi Youtuber identik dengan memvideo.

Keduanya menuntut anak-anak muda untuk tampil sekreatif mungkin agar bisa mencuri perhatian para pemirsanya.

Adanya kerjasama berupa biaya iklan dari pihak Google telah membuat para blogger maupun youtuber memiliki penghasilan.

Bahkan bila konten yang mereka ciptakan berhasil viral, maka bukan tidak mungkin pundi-pundi uang dalam jumlah ribuan dollar bisa mengalir ke rekening mereka.

Dari segi waktu pembuatan pun cenderung fleksibel. Menulis konten atau mengedit video dapat dilakukan pada waktu luangmu seperti malam hari.

·         Dropshipper dan Reseller

Dropshipper dan reseller adalah dua bisnis yang memiliki model hampir sama. Perbedaannya terletak pada stok barang. Seorang dropshipper menjual barang tanpa menyimpan stok produk. Sebaliknya, reseller musti memiliki stok produk sebelum menjualnya meskipun hanya sedikit.

Kedua bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya keluwesan teknik marketing online. Pasarannya pun seringkali memanfaatkan jejaring kerabat dekat, sehingga lebih mudah dijangkau dan lebih terpercaya.

·         Jasa Titip-Beli

Jasa titip beli biasanya ditawarkan oleh anak-anak muda yang sedang melakukan travelling ke berbagai daerah.

Mereka menawarkan beberapa produk yang bisa mereka temukan ketika travelling kepada lingkarang pertemanannya. Apabila salah seorang dari temannya ada yang berminat, maka dia akan membelikan dengan harga sedikit lebih tinggi. Harga tersebut sudah termasuk ongkos pembelian.

Jasa titip-beli seringkali menawarkan barang-barang unik atau makanan khas suatu daerah. Jadi barang yang diinginkan oleh pembeli memang bersifat unik dan tidak ada di banyak tempat, sehingga mereka membutuhkan seseorang untuk membelikannya secara khusus.