5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Introvert

Bisnis
5-ide-bisnis-yang-cocok-untuk-mahasiswa-introvert

Siapa bilang introvert tidak bisa berbisnis?

Introvert bisa mulai berbisnis saat jadi mahasiswa juga lho. Kalau introvert bisa menggali lebih jauh potensi diri mereka, banyak hal yang bisa mereka kelola dengan baik. Ets, tunggu dulu, kira-kira apa sih introvert itu?

Introvert adalah kepribadian seseorang yang cenderung menutup diri dari dunia luar. Membatasi pergaulan serta cenderung menyukai tempat sepi. Berinteraksi dengan orang lain juga cenderung para introvert hindari.

Padahal berbisnis kan perlu skill komunikasi yang baik? Jadi apakah introvert tidak bisa berbisnis? Tentu saja tetap bisa dong. Buat kamu, mahasiswa yang introvert, berikut ini ada 5 pilihan ide bisnis yang bisa kamu coba untuk memulai usaha.

1. Ide Bisnis Fotografer atau Videografer Freelance

Punya skill memotret tau merekam video dengan cinematic ala-ala anak muda kekinian? Bisnis fotografer dan videografer freelance adalah pilihan paling tepat.

Kamu tahu sendirikan, kebutuhan fotografer dan videografer semakin menanjak tiap tahunnya. Apalagi jika kamu punya kamera sendiri, bisa jadi potensi penghasilan tertinggi bisa kamu dapatkan saat menekuni ide bisnis ini.

Pasalnya, kebutuhan foto endorse para influencer, company profile perushan, dokumentasi acara perikahan atau party bukan sekadar kebutuhan yang main-main. Ditambah lagi biasanya kebutuhan acar ini terletak di hari libur, jadi pas banget.

2. Penerjemah Freelance

Ide bisnis yang satu ini lebih cenderung ‘mhasiswa’ banget. Penerjemah memang menjadi peluang menjanjikan. Banyaknya buku, jurnal penelitian, hasil riset yang menggunakan bahasa asing menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang cinta banget dunia literasi.

Bagaimana cara memasarkan jasa penerjemah?

Buat portfolio dalam situs freelancer dan mulai tawarkan jasamu. Jangan lupa coba bangun komunikasi singkat supaya ide bisnis ini berjalan semakin lancar.

3. Desain Grafis Freelance

Desain grafis juga salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba. Mahasiswa yang paling mumpuni portfolionya adalah mahasiswa desain. Desain grafis bernilai sangat tinggi bila dipasarkan dalam target yang tepat. Meskipun demikian, industri desain hampir dibutuhkan di berbagai kalangan.

Mulai dari industri kecil untuk memprmosikan brandnya, hingga sekelas event organizer ataupun perusahaan yang membutuhkan logo.

Kamu dapat berinteraksi melalui sosial media jika tidak ingin berinteraksi secar langsung dengan klien kamu.

4. Ide Bisnis sebagai Jasa Pembersih Sepatu

Nah, ide bisnis shoes cleaning lahir dari para milenial yang kesusahan membersihkan sepatu kesayangan mereka. Bisnis ini umumnya dipenuhi mereka yang memiliki sepatu-sepatu bermerk dan yang hobi naik gunung. Beruntungnya, circle yang demikian paling banyak berkembang saat mahasiswa.

Bagaimana cara memasarkan jasa pembersih sepatu?

Pertama kamu bisa mulai berbelanja bahan-bahan yang diperlukan. Kamu bisa mendapatkannya di para pengrajin lokal untuk cairan pembersih yang bagus. Setelah itu coba bersihkan sendiri sepatumu sebagai portfolio yang bisa kamu pasarkan.

5. Penulis Freelance

Ide bisnis untuk mahasiswa introvert yang terakhir adalah penulis freelance. Ide ini cukup menjanjikan bagi kamu yang mencintai dunia literasi dan memiliki skill copy/content writer yang baik. Bila portfolio kamu sudah banyak, perusahaan pasti tidak segan untuk membayar artikel yang kamu buat dengan harga yang tinggi.

Selain itu, di era digital marketing yang semakin naik, copy atau content writer adalah salah satu kompnen penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Alih-alih rekuritmen yang pasti membutuhkan waktu lama, biasanya perusahaan cenderung memilih penulis freelance sebagai solusi yang menarik.

Nah itu dia 5 ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa introvert. Bagaimana dengan ide bisnis yang paling menjanjikan di tahun 2020? Coba cek dulu artikelnya di Peluang Bisnis Menjanjikan 2020. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa! 😊

Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2020

Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis, baik itu berupa bisnis online, jasa, ataupun offline, memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Serupa dengan pepatah yang sering terdengar,

“ Kesempatan tidak datang dua kali “

Maka dari itu perhitungan mulai dari ide bisnis, analisa pasar serta modal yang dimiliki harus tepat. Nggak ada salahnya ikut pelatihan bisnis sehingga peluang bisnis yang dimiliki semakin baik.

Nah, kalau masih bingung apa ide bisnis yang tepat, bagaimana cara menganalisa pasar dan memnfaatkan modal dengan maksimal, kamu nggak salah pilih bacaan. Siapkan pikiran dan the kamu biar siap menerima materi peluang bisnis menjanjikan tahun 2020.

peluang-bisnis-2020
Ilustrasi Peluang Bisnis 2020

Kiat Khusus Memulai Bisnis

Sebuah ide untuk memulai bisnis sendiri adalah awal yang bagus. Keuntungan yang didapatkan akan 100% masuk ke kantong. Ranah bisnis juga bebas kamu tentukan sesuai keinginanmu.

Namun tentu nggak semudah itu, ada beberapa kiat khusus dalam memulai bisnis yang perlu kamu ketahui.

a. Ide Bisnis

Kiat pertama yang harus kamu pikirkan adalah ide bisnis yang akan kamu jalankan. Umumnya, sebagian orang menggunakan passion mereka sebagai awal mula ide bisnis, tetapi taukah kamu bahwa hal itu saja nggak cukup?

Menciptakan sebuah ide untuk bisnis tidak segampang mengikuti passion. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memilih ide bisnis. Apa saja?

·   Riset

Bagaimana melakukan riset yang baik?

Salah satu cara melakukan riset yang baik melalui riset digital. Dimulai dengan mencari keyword yang sedang populer di internet. Fokuskan pencarian dalam suatu lokasi tertentu, sehingga hasil keyword yang kamu dapatkan akan akurat.

·  Ide bisnis dari masalah orang

Solusi dari masalah yang muncul dalam masyarakat juga bisa disulap menjadi ide sebuah bisnis.

Contoh paling sederhana dan nyata adalah bisnis makanan rumahan. Di era yang semakin maju ini, kadang menuntut banyak orang untuk selalu mobilisasi kemanapun. Endingnya? Waktu memasak makanan jadi hilang dan bahkan melupakan jadwal makan. Nah dari situ munculah bisnis makanan untuk mengatasi masalah kehilangan waktu memasak tapi tetap ekonomis karena masakan rumahan.

·  Meniru tidak selalu salah

Mencari ide bisnis dari meniru bisnis orang lain yang telah sukses juga tidak salah. Meniru yang dimaksud disini tidak melulu 100% plek sama. Kamu perlu melakukan modifikasi sehingga idemu memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Meniru dari mereka yang telah berpengalaman membuat kamu mengerti kelemahan dari bisnis tersebut. Jadika kelemahan bisnis mereka sebagai poin penting yang harus kamu perbaiki di bisnismu.

·  Ide bisnis mengikuti trend

Trend memang bisa dijadikan ide bisnis. Semisal tahun ini yang paling kekinian adalah bisnis perkopian, maka kamu boleh juga menggunakan ide bisnis itu. Namun sebuah tren pasti akan lapuk dimakan waktu, jadi pastikan kamu punya solusi sehingga produkmu tetap dihati para penikmat kopi.

b. Analisis Pasar

Buat apa sih analisa pasar itu?

Analisa pasar berguna untuk memberikan gambaran tentang pemasaran produk yang akan kamu jual. Menganalisa pemasaran sebuah produk, mulai dari target penjualan hingga persaingan, menjadikan bisnis memiliki strategi marketing. Peluang bisnis untuk berkembang pun terencana dengan baik.

Lalu, bagaimana caranya menganalisa pasar yang tepat untuk bisnis pemula?

·  Menentukan pasar yang tepat dan relevan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan pasar untuk bisnismu. Gambarkan pasar yang kamu impikan untuk produk yang akan kamu jual, baru setelahnya gambarkan secara detail batas-batas pasar untuk bisnismu.

·   Menganalisis permintaan primer untuk pasar

Apa itu permintaan primer untuk pasar?

Permintaan primer adalah permintaan yang berfokus pada level kelas produk. Kamu harus bisa menggambarkan profil dari pembeli produkmu. Selain itu pula kamu perlu mengerti faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelian.

·  Menganalisis permintaan selektif dalam pasar

Apa itu permintaan selektif dalam pasar?

Permintaan selektif dari pasar adalah permintaan terhadap suatu merk tertentu dalam pasar. Fokus dalam permintaan selektif adalah pemahamaan tentang memilih sebuah merk.

·  Menetapkan segmen pasar

Setelah menentukan pasar yang tepat serta memahami bergam permintaan untuk dan dalam pasar, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan segmen pasar.

Proses ini adalah langkah untuk mengelompokkan calon konsumen dalam segmen pasar pdouk kamu. Pembagian terdiri dari segmen keanggotaan yang memberikan respon terhadap produk bisnismu.

·   Menilai persaingan

Salah satu cara yang efektif dan akurat untuk menilai pesaing dalam bisnis adalah melalui competitive intelligence.

·   Mengidentifikasi pasar sasaran potensial

Apa kegunaan dari proses ini?

Tujuannya adalah membuat bisnis kamu memiliki pelanggan yang baik, puas serta loyal terhadap produkmu. Hal ini membuat peluang bisnismu semakin terbuka.

c. Sesuaikan dengan Modal

Poin ini bukan membatasi kamu untuk tidak melakukan pinjaman kepada pihak ketiga saat membuka bisnis. Sesuikan dengan modal berarti bisnismu harus sesuai dengan modal yang kamu miliki.

Modal bukan hanya uang, ya.

Modal bisa berupa ilmu dalam bisnis, entah itu trik dalam proses pemasaran ataupun sejenisnya. Sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu, sehingga produk yang kamu pasarkan benar-benar dibutuhkan dalam masyarakat.

Peluang Bisnis Menjanjikan Tahun 2020

Sudah paham kiat-kiat memulai sebuah bisnis? Saatnya masuk dalam beragam jenis bisnis yang mejanjikan di tahun 2020.

Apa saja sih bisnisnya?

a. Peluang Bisnis Online

Apa itu peluang bisnis online?

Peluang bisnis online adalah kesempatan untuk membuka bisnis dengan metode online atau daring.

Apa saja yag termasuk dalam bisnis ini?

Banyak. Semua bisnis baik produk ataupun jasa yang dijalankan online termasuk dalam peluang bisnis secara online.

Apa saja contoh peluang bisnis secara online?

Ada banyak sekali peluang bisnis secara online yang bisa kamu coba. Tinggal kamu sesuaikan dengan kemampuan dan waktumu, sesuai dengan kiat khusus memulai bisnis di atas.

1. Berjualan di pasar online

Apa itu pasar online?

Pasar online adalah marketplace sejenis Tokopedia, Bukalapak, Lazada, OLX dan Shopee.

Keuntungan berjualan di pasar online?

Keuntungan yang pasti kamu dapatkan saat memulai bisnis ini adalah mudah dan nggak ribet. Apalagi buat kamu yang sudah paham produk yang akan dijual.

Kekurangan berjualan di pasar online?

Brand dari bisnis kamu akan bergantung pada marketplace. Bila marketplace sepi, umumnya juga akan berdampak pada bisnismu.

2. Dropshipper

Apa itu dropshipping?

Dropshipper adalah proses berbisnis tanpa memiliki stok. Bila ada konsumen yang membeli produk kamu, maka kamu akan place order ke suplier (pihak ketiga). Suplier kemudian mengirimkan barang ke konsumenmu, atas nama tokomu.

Keuntungan dropshipper?

Modalnya bisa dimulai dengan 0 rupiah dan dapat dilakukan dimana saja. Oh iya, asal memiliki koneksi internet ya!

Keelemahan dropshipper?

Keuntungan yang kamu peroleh lebih kecil dan kualitas dari produk tidak bisa kamu kontrol sendiri.

3. Buat Brand untuk website sendiri

Biasanya bisnis ini dilakukan setelah kamu memiliki brand yang sudah memiliki nama. Hal ini dilakukan karena memperkenalkan sebuah brand di masyarakat cukup sulit. Sehingga banyak orang memulai dengan menjual produknya di marketplace dulu, baru beralih ke website sendiri setelah memiliki image di masyarakat.

4. Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing?

Bisnis ini hampir serupa dengan dropshipper. Prosesnya adalah kamu mempromosikan produk orang lain melalui beragam platform. Bila ada calon konsumen yang tertarik dan membeli atas rekomendasimu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari toko tersebut.

Apa kelebihannya?

Hanya bermodal website dan sedikit teknik copywriting, namun keuntungan yang kamu dapatkan biasanya lebih banyak.

Apa kekurangannya?

Sampa sekarang masyarakat Indonesia jarang tertarik dengan produk affiliate. Sehingga jika kamu ingin memulai bisnis ini, gunakan website dalam bahasa inggris.

5. Produk Informasi

Apa itu produk informasi?

Produk informasi berupa e-book, video dan audio. E-book berupa kumpulan soal-soal penting. Video berupa proses menyelesaikan suatu soal ataupun gerakan-gerakan fitness. Audio berupa contoh listening ataupun lagu.

Kelebihan produk informasi apa saja?

Solusi untuk masyarakat golongan mager. Hehe. Nggak setiap orang memiliki waktu untuk mengumpulkan informasi hingga mendetail di internet. Apalagi produk informasi umumnya lebih terstruktur.

Kekurangannya apa?

Cukup susah saat membangun reputasi. “Memangnya kamu siapa? Kenapa saya harus percaya video itu berguna?”

6. Blogger

Cukup dengan menulis, kamu bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya menjadi blogger.

Bagaimana proses kerjanya?

Pertama bangun blog kamu dengan menentukan niche yang tepat. Setelahnya daftarkan blog kamu dalam Google Adsense. Fokus bangun konten blog yang berkualitas sehingga blog kamu memiliki trafik yang tinggi. Baru setelahnya pasang kode iklan di blog kamu.

Semakin banyak pengunjung, semakin banyak potensi penghasilan yang akan kamu dapatkan.

7.  Freelancer

Mengapa freelancer masuk dalam peluang bisnis menjanjikan di tahun 2020?

Sebab kamu tidak terikat dengan kontrak sehingga bebas mengambil banyak job freelance.

Bukankah itu tidak termasuk membuka bisnis?

Kata siapa. Hehe. Kamu bisa menjual beragam produk jasa di situs freelance. Produk jasa tersebut bisa berupa jasa SEO, web developer, produk artikel, produk copywriting ataupun foto yang kamu unggah melalu situs royalti foto.

Susahnya apa?

Branding diri sendiri dengan kualitas jasa yang kamu tawarkan.

b. Peluang Bisnis Rumahan dan Francise

Enggan berbisnis secara online dan lebih tertarik membuka bisnis di rumah? Coba beberapa rekomendasi bisnis rumahan ini yuk! Beragam peluang bisnis ini sudah diuji coba di Kampung Inggris Pare, lho!.

1.  Bisnis Minuman Thai Tea

Produk minuman dari Thailand ini juga nggak kalah in daripada perkopian duniawi. Bisnis ini sangat cocok dijalankan di rumah atau menetap di suatu tempat yang memiliki lingkungan siswa ataupun mahasiswa.

Prosesnya bagaimana?

Bisa dilakukan melalui membeli francise yang sudah memiliki nama ataupun memulai usaha sendiri.

2. Jualan Bubur Bayi

Inilah solusi untuk ibu-ibu nggak sempat bikin bubur untuk anak mereka. Bisnis ini cukup menjanjikan bila kamu pandai memilih pasar yang tepat, semisal di perumahan ibu-ibu elit.

Mager membuat resep sendiri? Coba sistem francise yang lebih simpel dan sudah terkonsep.

3. Booth Sate Taichan di Lingkungan Kampus hingga Kosan

Siapa yang mengidolakan sate taichan? Pasti hampir setiap generasi milenial suka dengan olahan sate ini.

Bumbunya cukup sederhana. Rasa pedas yang dihadirkan dari makanan ini juga sedap-sedap mantep. Apalagi rasanya njowo banget dan mudah diterima oleh lidah andak kosan. Apalagi jika harganya ramah kantong.

4. Ayam Gepuk

Bisnis ini merupakan peluang bisnis yang nggak ada matinya. Rasanya yang familiar di lidah Indonesia, tetapi tetap menggugah selera.

Coba berkunjung ke Kampung Inggris Pare. Di sana penjual ayam gepuk nggak pernah sepi pengunjung. Selain harganya yang ramah dengan kantong siswa disana, rasanya juga the best. Hehehe.

Oh iya, ngomongin bisnis nggak lengkap kalau belum membahas tentang omzet. Omzet membuka ayam gepuk ini bisa melebihi 7 juta per bulan lho!

5. Laundry Kiloan

Nah ini dia bisnis yang di klaim paling laku hehehe. Laundry kiloan. Bisnis ini paling cocok jika dibuka di wilayah kantor, mahasiswa, kosan. Sebab merekalah pelaku yang sering menggunakan jasa laundry kiloan.

Bila kamu berkunjung ke Kampung Inggris Pare, kamu akan mendapati bisnis ini menjamur di banyak sudut kampung ini. Pasalnya tempat ini memiliki banyak anak kosan dan siswa yang sedang belajar bahasa inggris. Jadi dipastikan bila kamu membuka bisnis ini, peluang akan semakin lebar.

Nah itu dia peluang bisnis menjanjikan di tahun 2020 ini. Mulai dari kiat-kiat menyusun bisnisnya hingga kelemahan dan kelebihan masing-masing bisnis sudah kita bahas bersama. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu ya!